Tepas

Minggu, 19 Desember 2010

Aksara Sunda Dari Jaman Ke Jaman

Siapa yang tahu ada berapa macam aksara sunda dan perubahannya????????????? Mungkin kalian hanya mengetahui aksara Kaganga yang sekarang beredar di buku - buku sekolah atau bahkan kalian tidak mengetahuinya??? wow, inilah saatnya kawan untuk terus melestarikan Aksara kita sendiri. Mau tahu ada berapa? Semuanya ada 9 Aksara yang berubah dari huruf Pallawa lalu ke huruf Prasasti Geger Hanjuang di tahun 1200 Masehi sampai ke Sunda Rekaan di abad ke 21.

Proses perubahan
> Aksara Pallawa > Aksara Prasasti Geger Hanjuang 1200 M > Aksara Batu Tulis Kawali 1500 M > Aksara Piagam Kabantenan 1600 M > Aksara Batu Tulis Bogor 1600 M > Aksara Naskah Carita Parahyangan 1600 M > Aksara Ratu Pakuan 1800 M > Aksara Sunda - Jawa (Basisir) 1800 M > Aksara Sunda Rekaan Anyar Abad 21


















Namun hanya 3 Aksara yang lengkap struktur Vokal dan Konsonan serta Pananda sora (Vokalisasinya) yaitu Aksara Sunda Ratu Pakuan, Aksara Sunda - Jawa (Basisir) atau oleh sebagian ahli disebut aksara Kawi dan Aksara Sunda Rekaan Anyar. Seperti apa bentuknya? Ini dia:
AKSARA SUNDA RATU PAKUAN



AKSARA SUNDA - JAWA (BASISIR)



AKSARA SUNDA REKAAN ANYAR




Demikianlah beberapa spesies Aksara Sunda dan perubahannya. hahahaha. semoga bermanfaat kawan :)

25 komentar:

  1. Hatur nuhun pisan informasina, Kang Rahman. Walaupun sekarang mulai banyak yang mengetahui adanya Aksara Sunda, tetapi masih terbilang sedikit yang mengetahui bahwa Aksara Sunda itu ada beberapa jenis.

    Dan yang paling parah, seringkali orang menyebut Aksara Sunda Baku sebagai Aksara Sunda Kuno atau juga menyamakan Aksara Sunda Baku dengan Aksara Sunda Kuno. Padahal Aksara Sunda Baku itu berasal dari Aksara Sunda Kuno yang "dikorupsi" oleh para ahli filologi dan paleografi pada tahun 1996.

    Salam,
    Benedictus

    BalasHapus
  2. Iya kang, banyak orang yang tertipu bahwa aksara sunda rekaan sekarang disebut aksara sunda kuna. sebenarnya ada beberapa jenis aksara yang memang perlu diketahui oleh semua orang. jangan sampai kita hanya mengetahui aksara rekaan atau mungkin benar - benar tidak mengetahui apa seperti apa yang disebut aksara sunda.

    ulah nepi ka aya nu naroskeun "nu kumaha aksara sunda teh" atanapi hawatos dina mangsa ka hareup, bakal aya nu naroskeun "ieu teh aksara ti Nagara mana?". mugia teu nepi ka kitu. amin. Prung ah!

    BalasHapus
  3. aku pindahan dari Jawa Tengah, guruku memerintahkan aku suruh cari aksara sunda, mana aku tau. ea kan aku pindahan dari aksara jawa ke aksara sunda. please help me

    BalasHapus
  4. @Galuh Awuh: Pakai aja itu yang Sunda Rekaan Anyar. itu merupakan aksara sunda yang sudah dimodifikasi.....jadi istilahnya aksara itu yang sering dipakai di pengajaran sekolah dan seluruh jawa barat. Jangan pakai yang Sunda Basisir atau yang diatas Sunda rekaan anyar. Btw, di sekolah mana? Mungkin saya kenal gurunya. :)

    BalasHapus
  5. Ibu saya orang sunda dr keturunan Jogja & Tasikmalaya, dia memiliki buku kono th 1800 an, yg diwariskan dr akinya. Bbrp th lalu dia memberikannya kpd saya utk diterjemahkan. Sampai sekarang buku itu belum diterjemahka. Pertanyaan saya adalah, apakah Pak Hakim bisa mengerti bahasa buku kuno tersebut?? Maaf tulisannyamungkin seperti Sunda Jawi Kuno. Atau tahukah Bapak, siapa yg bisa membantu saya untuk menterjemahkannya??

    BalasHapus
  6. insyaallah bisa, tinggal dimana kang? mungkin bisa saya terjemahkan insyaallah. kirim email aja ke superr.boi@gmail.com

    BalasHapus
  7. Tina aksara Sunda-Jawa di luhur, kumaha ngabentenkeun huruf Ba sareng Ta?

    BalasHapus
  8. Ada yang tau alasan aksara sunda yang baku sekarang ga make gantungan atau sandhangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sandhangan, dari katanya saja sudah ada aksara "dha" otomatis itu pengaruh dari Mataram Jawa. sedangkan Aksara Sunda Asli tidak memakai gantungan. kecuali hanacaraka yang jelas-jelas adalah pengaruh dari Jawa. Jadi sudah jelas kenapa aksara sunda yang baku sekarang tidak memakai Sandhangan, ya memang karena sejak jaman dahulu aksara sunda yang saya pelajari di mata kuliah tidak pernah memakai gantungan. wallahualam.

      Hapus
  9. Kita harus belajar banyak dari aksara Jawa Hanacaraka. Aksara Jawa jauh lebih sulit dan rumit dari segi huruf dan tata cara penulisannya dibanding aksara Sunda. Jadi saya termasuk yang kurang setuju jika ada aksara Sunda Baku yang "menyimpang" jauh dari akarnya yaitu Sunda Kuna.Kembali saja ke pakem asalnya agar tetap lestari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejujurnya kalau boleh berargumen, ga usah belajar dari aksara lain, cukup pelajari saja aksara masing-masing, karena susunan dan cara penulisan aksara sunda dan Jawa Hanacaraka sangatlah berbeda. mungkin kamu lihat diatas ada Sunda-Jawa (Basisir) disitu terlihat aksara-aksara Jawa. mengapa ada aksara seperti itu di Sunda? yang saya pelajari, aksara itu tidak ada di Prasasti, namun adanya di naskah-naskah yang jamannya dipengaruhi oleh jawa Mataram. Kenapa aksara Sunda yang lebih mudah dipelajari harus belajar ke Aksara jawa yang menurut kamu sendiri jauh lebih sulit dan rumit? Carilah sebongkah emas ditengah pasir hitam daripada kamu mencari jarum dalam jerami.

      lalu, masalah menyimpang, bagian manakah yang menyimpang? masalah tidak ada sandhangan? atau gantungan? itu bukan sebuah penyimpangan. Memang sejak jaman Tarumanagara, Salakanagara, Sunda, Karuhun kita tidak pernah memakai sandhangan. kita polos saja tanpa ada embel-embel gantungan. Dan menyimpang jauh seperti apa yang kamu maksud?

      lalu logika pakem asli? Sunda sendiri banyak aksara. bisa dilihat dari tabel paling atas. lalu kenapa dipakainya sunda baku? kenapa tidak sunda kuna? Sunda Kuna yang mana yang kamu maksud? apakah Kawali? ataukah Ratu Pakuan. saya berpositif thinking kenapa para ahli aksara membakukan aksara Sunda saat ini. salah satunya adalah agar tidak adanya etnosentris dalam etnis. contohnya: mungkin saja orang Bogor bertanya "kenapa aksara kawali yang dipakai? kenapa bukan aksara ratu pakuan?" tidak ada pakem yang pasti di Sunda, yang ada adalah mencari dan mempelajari Purbatisti Purbajati. cukup itu saja.

      lalu lestari apa yang kamu maksud? kami masih mempelajari semua aksara. dan kalau semua dipakai, semua akan membingungkan, akan muncul jenis aksara baru.

      Jadi Final Conclusion nya adalah, tetaplah fokus pada aksara daerah masing-masing, kenapa kita harus mempelajari aksara orang lain kalau aksara kita sendiri kita lupakan, bukankah ada ungkapan "beda cai beda tampian" wallahualam :)

      Hapus
  10. makasih ya udh post ini. sy baru tau klu aksara sunda ada 3 jenis

    BalasHapus
  11. Can someone translate this to English? I love Indonesia, and trying to learn Sundanese.. ;D

    -Acelin M. (Figure out where I came from?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. what you will ask? and what you don't understand, sir?

      Hapus
  12. kenapa tak de beri izin sech buat nyalin ne materi, khan orangh pada butuh bahan materi ne...!!!!

    BalasHapus
  13. hoyong lagu sunda nu ieu, manawi kersa masihan...

    BalasHapus
  14. sampurasun, kang Rakhman. upami ningal balas komen Akang di luhur, katingalna aya 'pergeseran' empati Akang ngenaan di bakukeunna Aksara Sunda dina wangun Unicode Sundanesse.
    Dina komen Mei'2011 katingalna Akang rada hareugeueun ku ayana Aksara Baku Rekaan Anyar Unicode, nanging dina komen Sep'2012 Akang katingalna janten 'pro-unicode sundanesse' ?
    eniwey, ku kitu ku kieu simkuring nyobi ngararampa opini Akang, saperkawis skala prioritas antawis Autentikasi kalih Originalitas/Pakem Buhun anu nuju dipadungdengkeun sareng Misi Pelestarian tur sosialisasi danget ayeuna.
    Anu ku simkuring hoyong ditaroskeun, nepi kapalebah mana Papagon Buhun Aksara Sunda kudu dipertahankeun, tapi di pihak sejen urang hayang ngaronjatkeun hangkeut, raket tur meumeut masyarakat/nonoman pasundan kiwari kana Aksara Sunda...
    katurug-turug simkuring ge nuju gutrat-getrut ngadamel Fonta Aksara Sunda anu rada Ghaool...
    upami sakalieun rineh mah, nyungken opini, kritik, saran kangge Aneka Fonta Aksara Sunda .ttf anu ku simkuring nuju digarap/di posting kanggo unduheun balarea anu dikempelkeun dina watesawal.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rampes. Cobi akang sing tarapti dina ngaanalisis ngeunaan komen sim kuring. Dimana anu ceuk akang "hareugeueun" jeung dimana anu "pro". Salila sim kuring nyerat ieu tulisan teu aya sakolepat bebeda rasa dina ngawaler unggal patarosan. Sim kuring mah nuturkeun kumaha anu naros. Di bulan mei abi ngawaler yen mageuhkeun jeung ngantebkeun di Sunda aya aksara anu sejen iwal anu rekaan. Sangkan arapal teu ngan apal hungkul kana rekaan. Kudu apal kana sajarah meureun kang. Di bulan september kan komentarna kudu balik deui ka aksara heubeul, sim kuring mah mikir geus aya rekaan anyar nu gampang dipikaharti tuluy meh jadi daya irut keur balarea tapi ulah nepi ka POHO KA SAJARAH yen urang kungsi boga aksara Sunda Kuna. Intina mah dimana mana oge prinsip sim kuring mah mangga jaya ka anu anyar ngan tong poho ka sajarah.

      Ningal kana misi akang anu "nepi kapalebah mana Papagon Buhun Aksara Sunda kudu dipertahankeun , tapi di pihak sejen urang hayang ngaronjatkeun hankeut,......" nya mangga weh pami akang bade modifikasi rekaan anyar ka rekaan rekaan sejen deui mah asal akang tong nepi ka poho ka purwadaksina yen urang kungsi boga aksara Sunda heubeul. Sim kuring mah ngarojong pisan jeung reugreug masih aya anu sumanget sangkan Sunda beuki nanjung. Hatur nuhun.

      Hapus
  15. Sampurasun, Kang.
    Kiranya perlu dibedakan antara sandangan dan gantungan.

    Sandangan merupakan tanda diakritik yang mengubah vokal atau menambahkan konsonan pada satu huruf. Semua turunan Aksara Brahmi (termasuk Aksara Sunda Baku) memiliki sandangan, walaupun tentu saja istilahnya berbeda-beda sesuai bahasa setempat. Pada Aksara Sunda Baku, sandangan disebut rarangken. Pada Aksara Bali, rarangken disebut pangangge. Pada Aksara Batak, pangangge disebut anak ni surat. Sandangan / rarangken / pangangge / anak ni surat pada Aksara Sunda Baku contohnya adalah panghulu, panglayar, panyuku, panyakra, paneleng, dan pamingkal. Atau dalam Bahasa Jawa disebut sebagai wulu, layar, suku, cakra, taling, dan pengkal.

    Gantungan merupakan huruf konsonan yang ditulis untuk menghilangkan vokal “a” pada huruf konsonan yang diikutinya atau digantunginya. Pada Prasasti Kebantenan I / Prasasti Jayagiri (Lempeng 1 / E 42a, recto) ada gantungan huruf ka, ca, na, dan wa. Hampir semua naskah nipah dan naskah lontar yang menggunakan Aksara Sunda Kuno juga mengenal banyak gantungan. Pada “Direktori Aksara Sunda untuk Unicode” ada sub-bab khusus yang membahas pasangan atau gantungan pada Aksara Sunda Kuno (Bab II, sub-bab 2.5. E). “Direktori Aksara Sunda untuk Unicode” juga masih mempertahankan gantungan, walaupun hanya satu gantungan; yaitu gantungan la, yang dikelompokkan sebagai rarangken dan disebut sebagai panyiku.

    Sebenarnya pun, panyakra adalah gantungan huruf ra dan pemingkal adalah gantungan huruf ya. Sama halnya dengan yang terjadi pada Aksara Jawa dan Aksara Bali, karena gantungan ra dan gantungan ya ini terlalu sering digunakan maka dua gantungan ini dikelompokkan sebagai sandangan atau pangangge. Karena cakra dan pengkal dikelompokkan sebagai sandangan, pada Aksara Jawa diciptakanlah gantungan lagi untuk ra dan ya.

    Memang sayang sekali banyak gantungan dari Aksara Sunda Kuno yang tidak diakomodasi oleh Aksara Sunda Baku yang dibuat tahun 1996, misalnya adalah gantungan ca, ja, ta, da, na, pa, ba, dan ma. Walaupun demikian, pada “Proposal for Encoding Additional Sundanese Characters for Old Sundanese in the UCS” (N3648 tahun 2009) mulai dipertimbangkan untuk memasukkan sistem gantungan mengikuti tradisi pada naskah nipah / naskah lontar. Pada proposal tersebut ada dua gantungan tradisional yang kembali diperkenalkan mengikuti bentuk aslinya, yaitu gantungan ma dan gantungan wa.

    Haturnuhun.

    Salam,
    Benedictus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rampes! Terimakasih atas masukan dan komentarnya. Secara jelas sebenarnya saya memang menyebutkan bahwa di Sunda tidak ada Sandhangan atau Gantungan. Mungkin dari tabel di artikel saya sudah jelas kang, di aksara Sunda sandhangan dan gantungan itu tidak ada. Kami menyebutnya "pananda sora" jdi akang tidak salah kalau menyebut bahwa sebenarnya di aksara Sunda ada sandhangan gantungan. Tapi di Sunda kami menyebutnya Pananda Sora. Setidaknya itu yg sya ketahui dan dapatkan dri mata kuliah saya.

      Hapus
    2. Oh iya maaf juga, klarifikasi komen sya yg menyebutkan polos tanpa embel2 itu maksudnya ke penggunaan kata sandhangan dan gantungan. Karena saya mengenal Pananda Sora yg satu paket dengan aksara. Hatur nuhun.

      Hapus
  16. Yeeaas 😁 berguna banget :) makasihh yaa om udah post ini :) bermanfaat bgt ,, 👍 kebetulan juga aku mau loba penulisan aksara sunda nih :)

    BalasHapus