Tepas

Sabtu, 18 Desember 2010

Silih Asih, Silih Asah, Silih Asuh PART I

Pernahkan kalian mendengar atau mengetahui tentang Jargon Silih Asih, Silih Asah, Silih Asuh? Pasti sudah pernah dan mungkin tak asing lagi untuk kalian yang berada di Wilayah Provinsi Jawa Barat. Lalu, apa sih maksud Jargon tersebut? Mungkin kalian hanya mengetahui "Silih Asih Ku Pangarti, Silih Asah Ku Pangabisa, Silih Asuh Ku Pangaweruh". Kawan, bukan hanya itu makna yang terkandung dalam Jargon tersebut. Maksudnya??? Ini maksudnya:

Silih Asih

Silih Asih adalah tingkah laku yang memperlihatkan rasa kasih sayang yang tulus. Dengan Maksud mewujudkan suatu kebahagiaan di antara mereka. Oleh karena itu harus ada penandanya, yaitu mempunyai unsur:

> Asih adalah Kerja: Salahsatu dari aktualisasi rasa asih adalah kesiapan kita untuk bekerja, baik kerja yang bersifat fisik maupun secara non fisik, semisal berdo'a dengan harapan yang orang atau apa yang dikasihinya selalu mendapat kebahagiaan

> Asih karena adanya dedikasi: yaitu adanya keteguhan hati. Ini mengisyaratkan bahwa dalam silih asih, apa pun halangan yang menghadang selalu akan dilampauinya.

> Asih adalah kemampuan berdisiplin: terwujudnya rasa asih membutuhkan disiplin diri, kesetiaan dan kemampuan membatasi diri.

> Asih adalah membagikan tanggungjawab: timbulnya rasa asih disebabkan subyek dan obyek.

> Asih meminta kesabaran: bertemunya dua karakter yang berlatar belakang berbeda, tentu memerlukan kesabaran dalam menyamakan persepsi.

> Asih adalah nilai dan tujuan: Rasa asih adalah sesuatu yang abstrak, berkaitan dengan nilai spiritual.

> Asih adalah pangorbanan: Rasa asih kadang kala lebih mengedepankan kepentingan dirinya, sering bersifat egois.

> Asih adalah ekspresi diri: Rasa asih berada dalam tataran persiapan, sesuatu yang abstrak.

> Asih adalah realitas hidup: hidup di dunia adalah kenyataan, realita. Dengan menebarkan rasa asih, menjadi salah satu cara penampakan realita hidupnya.

> Asih perlu dengan kejujuran: Silih asih akan melibatkan dua pihak yang menerima apa adanya.

> Asih adalah timbulnya rasa bahagia sebagai hasil kerja sama: Rasa asih akan semakin bermakna, bila merupakan hasil jerih payah yang dicapai berkat rasa kebersamaan di antara mereka.

> Asih yaitu ekspresi rasa keindahan: karena rasa asih berkaitan dengan perasaan, maka tak pelak lagi akan bernuansakan keindahan.

> Asih terkadang menimbulkan kepedihan tetapi bisa dirasionalkan dan disublimasikan: Karena rasa asih adalah suatu gerak batin yang kadang kala sangat bersifat egois, maka tidak jarang dalam kenyataan sering menimbulkan kepedihan, tetapi bila rasa kepedihan diterima secara rasional, maka kepedihan itu akan berubah menjadi penerimaan yang ikhlas.

Nah, demikian beberapa maksud dari SILIH ASIH semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar